Tips Pembuatan Film

Hai, kali ini kita akan membahas tips singkat mengenai Pembuatan Film yaitu Tips Pra Produksi atau Membuat Film atau tahap Creative atau tahap Konsep-ing atau tahap perencanaan. Jika sekarang kalian sedang memiliki budget yang cukup dan rasanya ingin membuat sebuah karya film, ini merupakan Inisiatif yang bagus, namun siapkah kita mengeluarkan budget tersebut untuk sebuah karya yang nantinya hanya ada 2 hasil, Bagus / Kurang Bagus… tentunya ini merupakan Hal yang menjadi pertimbangan kita dalam membuat sebuah karya yang rencananya nanti di share dan dapat dinikmati pemirsa yang banyak.

Disini lah peran para Producer dan Crew Film nantinya yang bertugas untuk membuat hasil karya terbaik dengan biaya yang cukup dan sesuai dengan hasil yang didapat.

Ada 5 Tips Membuat Film yang mungkin bisa kita aplikasikan.

1. Planning, Perencanaan yang matang dan analisa kuat terhadap apa yang akan diangkat menjadi film nantinya, karena apapun yang kita lakukan haruslah memiliki perencanaan, misal : untuk Lulus Ujian Sekolah kita harus punya rencana, yaitu Rencana Belajar.

Nah Untuk Planning, dalam membuat sebuah film kita harus pintar memperhatikan apa yang sedang Trending dan apa yang akan mengangkat nama film kita di kalangan para penonton, dan selalu menganalisa apakah film yang nanti kita buat akan menghasilkan sesuatu yang memuaskan atau hanya sekedar kepuasan sendiri, tentu kita tidak ingin film kita hanya sebatas diupload ke internet, tapi orang lain tidak tau dan tidak melihat film kita, untuk itu kita perlu mengangkat tema2 yang sedang populer di trending masyarakat agar Film kita lebih mudah terangkat di Dunia Perfilman. Setelah kita menentukan tema yang diangkat, kita bisa melanjutkan ke Konsep dan Konten Film. intinya JANGAN ASAL SYUTING!

-Misalkan, 2014 ini sedang seru Pilpres Republik Indonesia. Maka akan bagus jika kita membuat Film Berjudul

Jakawi VS Prabawa, Prabawa atau Jakawi?, Perbedaan Prabawa dan Jakawi saat bermain bola dan sebagainya..

 

2. Budgeting, ya ini merupakan bagian vital sebuah pasca produksi film. Yaitu seberapa bnyk biaya yang nantinya akan kita keluarkan untuk membuat karya film.

Untuk budgetin, Efisiensi merupakan hal yang perlu ditata dalam Budgetin sebuah Film. agar kita dapat meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu, sehingga butuh managemen keuangan yang baik supaya budget yang ada dapat dimaksimalkan dengan baik.

Misalkan, Film yang dibuat memiliki tujuan iseng non komersial, kita tidak harus mengeluarkan budget yang besar untuk video semacam ini, namun professionalitas kita lah yang harus diasah agar kita mendapatkan film murah dan berkualitas. Kita sendiri mengeluarkan budgetin Film sesuai dengan tujuan dan skala besar film tersebut, sebagai contoh : Film Iseng2, mengeluarkan budget 200rb – 1jt , jika film besar sedikit bisa lebih ke 1 jt keatas, atau jika ingin buat film lebih skala besar lagi, kita bisa mengeluarkan budgetin yang cukup besar. Intinya tetap satu, MENGIRIT LAH wahai movie maker!

 

3. Menentukan Crew dan Talent

Ini adalah bagian yang cukup penting, dimana Crew dan Talent nanti lah yang akan membantu kita untuk merealisasikan project Video yang akan kita kerjakan. Untuk itu, berusahalah mencari Crew yang paling professional dan Talent yang paling oke untuk mengerjakan Projek Video Kalian.

 

4. StoryBoard atau StoryLine

Setelah kita melakukan Planning yang baik, alangkah baiknya kita membuat sebuah Story Board (Gambar Scene) atau Story Line (Narasi Film). Selain dapat membantu kita nanti pada saat proses Produksi, hal ini biasa nya memberikan kita sebagai Producer sebuah bayangan, seperti apa projek film kita nanti akan dibuat.

 

5. Have Fun, ya.. ini adalah yang harus dilakukan setiap Movie maker, jika dia tidak Fun maka Film ini nantinya akan menjadi beban perasaannya. Intinya, jadikanlah kegiatan membuat film kalian menjadi HOBBY dan KESENANGAN bukan sekedar pengisi waktu, pelarian dari kenyataan, atau sekedar menuangkan isi pikiran yang lagi senang dan galau.

Goodluck!

5 Tips Sebelum Membuat Film

Blog, Tips | 0 Comments

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>