3 Point Lighting Tutorial

3 Point Pencahayaan Sinematografi

WeYoo!! Halo. Kali ini admin akan membahas tentang 3 Point Pencahayaan dalam dunia sinematografi .Dalam dunia sinematografi, fungsi cahaya antara lain adalah menyinari objek, menghilangkan bayangan yang mengganggu, membuat efek khusus dan menghasilkan gambar yang artistik.

Ada 3 point khusus tentang tata pencahayaan dalam dunia sinematografi yang perlu di perhatikan, diantaranya adalah:

  1. Key Light
  2. Fill Light
  3. Hair Light

1. Key Light  

Dengan kata “Key” atau jika ditranslatekan yang berarti “Kunci“, Key Light berperan sebagai kunci pencahayaan atau cahaya utama paling kuat yang digunakan dalam menerangi objek. Seperti gambar diatas, terlihat bahwa Key Light membuat objek nampak hanya di salah satu sisi saja dan gambar yang dihasilkan terlihat tidak alami juga memiliki kontras yang tinggi.

2 Fill Light

Fill light sebagai cahaya sekunder berperan dalam mengisi cahaya di satu sisi lainnya dari objek. Cahaya yang di hasilkan Fill Light tidak boleh lebih terang dari Key Light. Seperti pada gambar bayangan yang dihasilkan Key Light bisa di netralisir oleh Fill Light sehingga membuat objek nampak lebih natural.

3. Hair Light

Hair Light atau yang juga dikenal dengan Back Light berperan sebagai pemisah antara objek dengan background, dimana seperti pada gambar Hair Light membuat objek terlihat lebih berbentuk dan terlihat 3 dimensi.

Mari kita lihat contoh dari gambar.

Contoh 3 Point Lighting

oke, sekian penjelasan singkat tentang 3 point penting pencahayaan dalam sinematografi. Semoga dapat membantu, Goodluck!

3 Point Pencahayaan Sinematografi

Tips | 1 Comment

1 Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>